Oli Transmisi Mobil Matic

Oli transmisi cvt, oli transmisi mobil matik top 1
Pict : www.top1.co.id

Portal Mekanik
- Oli transmisi mobil matic memiliki ciri khas warna merah dan ini sangat berbeda dengan jenis oli transmisi manual. Perbedaan jenis oli tersebut bukan dari situ saja, nilai kekentalan yang digunakan pada sistem transmisi mobil matic lebih cair daripada oli transmisi manual.

Pada artikel ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan dari pengguna mobil matic. Adapun pertanyaannya sebagai berikut :

  • Berapa lama oli transmisi mobil matic harus diganti ?
  • Apa akibat jika kita telat mengganti oli transmisi matic ?
  • Apakah oli transmisi matic sama dengan oli power steering ?
  • Bagaimana cara mengecek oli transmisi matic ?

Untuk lebih jelasnya yuk simak artikelnya sebagai berikut.

Pengertian Oli Transmisi Mobil Matic

Oli transmisi matic dan manual memiliki perbedaan di angka kekentalannya, dimana oli transmisi matic lebih cair daripada oli transmisi manual.

Selain itu, oli transmisi matic juga memiliki dua tipe yaitu, ATF dan CVT. Dimana ATF digunakan pada jenis transmisi matic konvensional, sedangkan CVT digunakan pada sistem transmisi CVT.

Perbedaan Oli ATF dan CVT

Bahan Material

Oli transmisi ATF (Automatic Transmission Fluid) terbuat dari campuran oli yang menggunakan zat adiktif, sedangkan CVT menggunakan jenis oli ful sintetis yang ramah lingkungan.

Teknologi

Oli ATF lebih cocok digunakan pada mobil dengan jenis transmisi matic konvensional yang memiliki perbedaan komponen dengan transmisi CVT.

Oli CVT (Continuously Variable Transmission) digunakan pada mobil matic dengan jenis transmisi CVT. Dimana sistem transmisi CVT memiliki keunggulan lebih halus dalam perpindahan gigi dan cepat menyesuaikan putaran mesin.

Setelah itu mari kita menuju topik pembahasan utama.

Berapa Lama Oli Transmisi Matic Harus Diganti ?

Pada umumnya oli transmisi matic harus di ganti setiap 15.000 - 20 kilometer dan 50.000 kilometer untuk melakukan pengurasan.

Dimana untuk menguras oli transmisi menggunakan alat yaitu vacum oil, untuk memastikan oli transmisi memang benar-benar terkuras semua.

Apa Saja Dampak jika Telat Mengganti Oli Transmisi Mobil Matic ?

Gigi selip merupakan akibat dari telat mengganti oli transmisi matic. Hal ini dapat Anda rasakan ketika ingin berakselerasi namun mobil sedikit lambat untuk merespon permintaan kita. Sederhananya ketika Anda mengubah gigi D ke gigi L untuk melakukan akselerasi, namun respon gigi perpindahan tersebut sangat lambat.

Apakah Oli Transmisi Matic Sama dengan Oli Power Steering ?

Sama.

Oli transmisi matic jenis ATF dapat digunakan untuk mengisi oli power steering. Namun tidak semua jenis oli transmisi matic bisa Anda gunakan untuk oli power steering. Seri ATF yang sudah terbukti bisa digunakan untuk power steering.

Bagaimana Cara Mengecek Oli Transmisi Matic ?

Untuk mengecek oli transmisi matic bisa Anda lakukan dengan mudah. Kuncinya Anda perlu memahami posisi dipstick oli mesin, dimana dipstick oli mesin biasanya dapat dengan mudah Anda lihat ketika baru saja membuka kap mesin. Namun untuk dipstick oli matic biasanya sedikit ngumpet, Anda perlu dengan teliti untuk menemukannya.

Sumber artikel : milta.co